Apa Saja Aspek-Aspek Studi Kelayakan Bisnis? Ini Ulasan Lengkapnya

Apa Saja Aspek-Aspek Studi Kelayakan Bisnis? Ini Ulasan Lengkapnya

aspek bisnisSebelum memulai untuk membuka usaha, sebaiknya Anda mengetahui dan memahami aspek-aspek studi kelayakan bisnis. Perlu Anda ketahui kelayakan dalam berbisnis akan mempengaruhi bagaimana kondisi kedepannya. Terutama jika rencananya akan menjalankan dengan jangka waktu yang panjang, pasti perlu pembelajaran secara mendalam supaya nantinya terus berkembang.

Aspek-aspek studi kelayakan bisnis bisa Anda temukan di berbagai sumber informasi seperti website, buku atau majalah yang ada kaitannya dengan motivasi usaha. Hal ini akan menjadi penting apabila usaha merupakan satu-satunya pendapatan yang diandalkan. Oleh karena itu, perbanyak ilmu dan referensi yang dapat membangun jiwa kewirausahaan Anda.

Aspek Aspek Studi Kelayakan Bisnis yang Harus Diperhatikan

Memang kelayakan bisnis ini tidak hanya dilakukan sekali atau dua kali saja. Tapi harus berulang kali secara berkala supaya bisa bersaing di pasaran dengan baik. Nah, untuk itu berikut aspek-aspek studi kelayakan bisnis menurut lurus.id yang harus dimengerti dan dipahami.

1.     Aspek Hukum

Kaitannya dengan aspek ini adalah mengenai legalitas usaha agar bisa dianggap layak dalam menjalankan bisnis. Terdapat beberapa ketentuan untuk hal ini, yaitu izin lokasi, akta perusahaan, Surat tanda daftar perusahaan, NPWP, surat izin usaha dari pemerintah daerah, serta Surat Izin Usaha Perdagangan. Biasanya aspek ini digunakan oleh perusahaan yang berskala besar.

2.     Aspek Ekonomi dan Budaya

Salah satu aspek-aspek studi kelayakan bisnis satu ini menyangkut dampak perekonomian dan budaya dari usaha Anda dengan masyarakat setempat.

3.     Aspek Pasar dan Pemasaran

Pada aspek ini, hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah minat konsumen dan keadaan pasar lainnya yang mungkin akan mempengaruhi bisnis Anda. Maka perlu diberlakukannya riset usaha sebelum memulai.

4.     Aspek Teknis dan Teknologi

Kecanggihan yang digunakan sedikit banyak juga akan mempengaruhi kelayakan bisnis Anda. Tapi, bukan berarti harus menggunakan kecanggihan luar biasa yang dapat menguras biaya modal.

READ  Panduan Teknisi Listrik Untuk Tetap Sehat Saat Bekerja

5.     Aspek Manajemen

Pengelolaan baik adalah salah satu kunci utama dalam berbisnis. Anda tidak bisa seenaknya menggunakan pengaturan waktu dan uang sesuai keinginan pribadi tanpa memperhatikan kebutuhan bisnis.

6.     Aspek Keuangan

Berapa dan dari mana modal yang Anda gunakan harus tetap diingat, terutama jika menggunakan fasilitas pinjaman. Maka sebagai pelaku usaha harus bisa memastikan kapan akan mengembalikan pinjaman tersebut.

Apakah Setiap Bisnis Harus Memiliki Badan Usaha?

Setelah mempelajari aspek-aspek studi kelayakan bisnis, selanjutnya hal yang perlu dipelajari adalah badan usaha. Selama usaha yang Anda jalankan masih di tingkat menengah kebawah adanya legalitas belum terlalu dibutuhkan.

Tapi, jika bisnis tersebut pada golongan menengah ke atas maka wajib bagi Anda melengkapi syarat-syarat usaha supaya dianggap sah atau legal. Dengan begitu, masa depan bisnis dijamin cerah tanpa adanya masalah.

Memang banyak hal yang harus Anda pelajari selain aspek-aspek studi kelayakan bisnis. Tapi, ini adalah hal terpenting karena mencakup masalah perekonomian, keuangan, dan hukum sehingga bisa membawa usaha Anda ke perkembangan yang semakin lama semakin baik tanpa ada masalah apapun. Oleh karena itu, banyak pengetahuan yang harus diperoleh meskipun menjadi seorang wirausaha.

Admin

Related Posts