Cara Membuat Santan Kelapa Alami dan Sehat

Cara Membuat Santan Kelapa Alami dan Sehat

Cara membuat santan kelapa susah susah gampang, Anda semua pasti sudah tahu olahan kelapa kan? Kita sering menggunakan kelapa sebagai minuman menyegarkan dan juga sebagai bahan memasak. Tapi tahukah Anda, sebenarnya ada lebih banyak manfaat kelapa ini.

Pemanfaatan kelapa untuk kebutuhan sehari-hari semakin banyak digunakan saat ini. Ini sejalan dengan semakin beragamnya hidangan yang tidak hanya memanfaatkan santan untuk sayuran, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat puding, kue, es krim, dan makanan lainnya.

Dengan kemajuan perkotaan dan kesibukan orang-orang, maka perlu untuk menyajikan metode yang mudah dan praktis. Jadi sekarang banyak ibu rumah tangga yang lebih suka menggunakan pasta santan yang dijual di supermarket, daripada harus memarut kelapa terlebih dahulu untuk membuat hidangan.

Teknologi untuk membuat pasta santan mudah diterapkan dan memiliki peluang yang sangat baik di pasar, sehingga dapat digunakan sebagai peluang untuk kewirausahaan masyarakat di Indonesia. Selain itu, pengusaha pengolahan kelapa ini juga dapat didevelop guna menghasilkan produk olahan lainnya.

Sebagai contoh, dalam pemrosesan kelapa, dipastikan akan menghasilkan limbah dalam bentuk air kelapa yang dapat digunakan untuk membuat nata de coco atau kecap. Kedua jenis produk ini juga memiliki peluang pasar yang cukup bagus di pasar.

Dengan demikian penerapan teknologi pembuatan santan dan pemanfaatan limbahnya, yaitu air kelapa, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menumbuhkan wirausaha baru, sehingga dapat membuka peluang bisnis.

Cara membuat santan kelapa adalah sebagai berikut:

Membuat Santan

  1. Daging kelapa yang sudah dihilangkan dikeluarkan dari kulit luar (sabbutting) dengan pisau stainless steel yang tajam atau bisa menggunakan mesin sabut kelapa, kemudian ditimbang dan segera dimasukkan ke dalam air mendidih selama 1 menit sehingga benar-benar bersih
  2. Parutan kelapa dengan mesin parut kelapa dengan kapasitas 50 kelapa dalam 48 menit
  3. Hasil parutan kelapa diperas dengan penambahan air hangat dalam perbandingan 1: 1. Pemerasan bisa dilakukan dengan tangan atau tekan
  4. Santan disaring guna meminimalisir air dengan kain saring atau alat penyaring
READ  Berikut Ini Cara Panen Padi Tradisional yang Menarik Untuk Diketahui

Pemisahan krim

Santan dimasukkan ke dalam pemisah krim untuk memisahkan krim dan cairan atau bisa dipanaskan di atas kompor, kemudian bagian atas (krim) dipisahkan.

Homogenisasi

  1. Krim yang dihasilkan ditambah air dalam perbandingan 1: 0,5
  2. Tambahkan 2% CMC dan 0,1% Tween 80 dari krim dan air sebagai penstabil
  3. Kemudian campuran diaduk selama 5 menit.

Pengalengan

  1. Siapkan kaleng / botol sebagai wadah, cuci sampai bersih, lalu keringkan
  2. Isi santan dalam kaleng
  3. Lepaskan uap dalam kaleng dengan menyedotnya dengan garis kotak logam Exhauster (atau menggantinya dengan oven) pada suhu 80-850C selama 10 menit.
  4. Tutup kaleng dengan rapat (disegel).

Sterilisasi (untuk menghindari tengik dan santan tidak pecah)

  1. Siapkan autoclave / cormorant yang digunakan untuk sterilisasi
  2. Selanjutnya, sterilkan kaleng yang berisi krim kelapa, selama 35 menit pada 121o
  3. Santan kental siap dikemas dan diberi label dan dipasarkan

Sebenarnya ada banyak cara lain untuk membuat santan sendiri. Tetapi metode di atas menurut saya adalah cara yang cukup mudah dan memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Jika Anda penasaran dan ingin mencoba, disarankan untuk membuat santan dalam jumlah kecil terlebih dahulu, setidaknya untuk pertama kalinya.

Dibandingkan dengan sebagian besar santan buatan pabrik dan yang diproduksi, santan buatan sendiri akan lebih baik, dan tentunya lebih murah dan lebih murni, tanpa bahan kimia dan pengawet.

Itulah beberapa langkah dalam cara membuat santan kelapa alami dan sehat. Tentu semua itu membutuhkan proses yang tidak cepat, tetapi kualitas dan kebersihannya bisa terjamin, dan kita juga bisa menghemat biaya. Selamat mencoba dan senang bereksperimen dengan minyak kelapa buatan sendiri. Terima kasih

alfian

Related Posts