Cara Menghitung Kebutuhan Beton Plat Lantai Pabrik

Cara menghitung kebutuhan beton untuk plat lantai pabrik adalah dengan cara memakai rumus volume empat persegi panjang atau sesuai dengan bentuk lantainya. Rumus ini berlaku juga untuk pembuatan jalan, plat lantai pabrik atau gudang yang langsung berhubungan dengan tanah. Seperti kebanyakan plat lantai atau jalan yang dibangun biasanya berbentuk balok. Memiliki panjang, lebar dan tinggi. Tinggi disini kita ganti menjadi ketebalan. Karena panjang, lebar dan tebalnya sudah diketahui maka kita tinggal mengkalikannya saja antara panjang x lebar x tebal plat lantai atau jalan yang akan dibangun.

Rumus Kebutuhan Beton utk Plat Lantai atau Jalan

Sebagai informasi tambahan jika Anda berencana akan ngecor jalan atau plat lantai baik lantai pabrik, gudang, lantai lapangan bulu tangkis, futsal, dll yang langsung berhubungan dengan tanah kami sarankan :

  1. Permukaan tanah teratas harus dipadatkan terlebih dahulu
  2. Lapisi sisi permukaan tanah dengan dengan adukan beton mutu K-B0 agar tidak terjadi kekurangan volume dan bisa berfungsi sebagai bekesting horizontal. Jika luas area tidak terlalu besar bisa gunakan beton instan, harga beton instan bervariasi tergantung mutu betonnya. Pilih K-B0. Jika luas area yang akan dibangun besar dan lokasi berada di area Bogor, Jawa Barat, maka gunakan beton readymix produksi PT.SCG Jayamix. Harga Jayamix Bogor juga bervariasi, pilih saja yang mutu K-B0.
  3. Agar lebih murah lapisi saja permukaan tanah dengan plastik lembaran.
  4. Gunakan bekesting yang kokoh dan kuat agar tidak mudah rusak saat menopang & menahan adukan beton.

Karena bentuk plat lantai atau jalannya berbentuk empat persegi atau empat persegi panjang maka rumus volumenya menjadi :

  • Vb = Pp x Lp x Tp

Volume beton = Panjang plat x Lebar plat x Tebal plat

Contoh Perhitungan Kebutuhan Beton

Pabrik yang memproduksi mie instan yang terletak di kawasan Cikarang Jawa Barat berencana akan menambah ruang produksinya yang terletak di samping bangunan A. Nantinya plat lantai tersebut harus kuat karena lalu lintas yang ada diatasnya sangat tinggi termasuk akan dilewati fork lift untuk mengangkat barang barang. Lebarnya 20 meter, panjangnya 30 meter dengan ketebalan plat lantai yang direncanakan setebal 20 cm.

  • Lebar = 20 meter
  • Panjang = 30 meter
  • Tebal = 20 cm
READ  Cara Membuat Santan Kelapa Alami dan Sehat

Selanjutnya kita hitung kebutuhan betonnya dalam satuan meter kubik (m3)

  • Kebutuhan beton untuk plat lantai menjadi = 20 meter x 30 meter x 0.2 meter = 120 meter kubik (m3).

Jadi dari hitungan diatas kita sama sama tahu bahwa untuk ngecor plat lantai pabrik mie instan tersebut dibutuhkan 120 meter kubik. Untuk ngecor adukan beton sebanyak itu agar cepat selesai maka digunakan pompa beton. Harga sewa pompa beton bervariasi tergantung tipe truknya dan lama waktu pemakaiannya.

Selanjutnya kita akan menghitung berapa truk mixer dengan kapasitas isi 7 m3 yang nanti akan datang untuk membawa 120 m3 beton ke lokasi pengecoran.

  • Jumlah truk mixer = 120 : 7 = 18 truk mixer.

Jadi kita bisa hitung berapa kebutuhan beton untuk ngecor plat lantai pabrik mie instan tersebut diatas, yaitu = butuh 120 m3 beton atau 18 truk mixer berkapasitas 7

didit

Related Posts