Dimana Cara Menempatkan Mesin Cuci Yang Benar?

cara penempatan mesin cuci yang benar

Anda pernah mendengar suara mesin cuci yang suaranya berisik dan bergetar? Yah… itulah salah satu contoh akibat penempatan mesin cuci yang kurang benar.

Penempatan mesin cuci yang tidak benar selain mengakibatkan suaranya menjadi berisik, bergetar juga menyebabkan mesin cuci cepat rusak.

Lalu bagaimana cara menempatkan mesin cuci yang benar?

1. Hindarkan mesin cuci dari sinar matahari langsung.

2. Mesin cuci harus ditempatkan di tempat yang rata dan tidak boleh miring atau bergelombang.

3. Mesin cuci memiliki 4 kaki yang berbentuk spiral yang bisa diputar dengan tangan. Ke 4 kaki tsb harus benar benar menempel di lantai dan tidak boleh salah satunya tidak menapak di lantai.

Lalu bagaimana jika “terpaksa” ditempatkan di tempat yang tidak rata, misalnya di permukaan tanah atau di lantai tanah yang di ganjal papan kayu?

Untuk langkah sementara bisa diatasi dengan cara memutar kaki kakinya supaya benar benar bisa menempel di lantai, tetapi sebaiknya anda tetap mengusahakan untuk membuat lantai dari semen yang datar.

4. Jangan terlalu mepet dengan dinding, baik sisi belakang maupun sisi kanan-kiri.  Ini untuk mengurangi resiko benturan dinding dengan mesin cuci pada saat mesin beroperasi, terutama saat proses pengeringan (spin) yang mengharuskan mesin cuci berputar dengan sangat cepat.

Jeda ruang juga berfungsi sebagai sirkulasi udara agar mesin tidak terlampau panas, apalagi jika kerjanya dipakai berjam jam setiap harinya.

5. Penempatan mesin cuci juga bukan di tempat anak anak biasa bermain. Seringkali karena keingintahuannya si anak memencet mencet tombol pada saat mesin sedang beroperasi. Meskipun pada harga mesin cuci yang menengah ada fitur child lock, alangkah bijaksana jika kita berupaya menghindarkan anak dari bahaya.

Selain urusan pencet pencet tombol, contoh yang lebih extrem lagi si anak karena ketidaktahuannya dan badannya kecil masuk ke dalam tabung mesin cuci, terutama yang model bukaan depan. Ini tentu sangat berbahaya.

Kalau rumah sempit bolehkah mesin cuci ditempatkan di kamar mandi?

Ya sebenarnya jika kamar mandi cukup luas tidak ada masalah jika ditempatkan di kamar mandi,tapi harus di ingat bahwa lantai kamar mandi biasanya agak miring untuk mengalirkan air ke lubang pembuangan.

Untuk itu kaki kaki mesin cuci harus diatur tinggi rendahnya agar posisi mesin tetap rata. Tetapi akan lebih baik lagi kalau ditempatkan di tempat yang agak tinggi agar tidak terkena cipratan air saat mandi.

Ini dikhawatirkan jika bagian listrik atau elektroniknya di bagian tombol terkena air maka akan terjadi hubungan arus pendek / korsleting. Ini tentu akan merugikan anda sendiri, apalagi jika harga mesin nya yang mahalan.

Demikian panduan cara menempatkan mesin cuci yang benar agar awet dan aman untuk lingkungan sekitarnya.

 

 

yusuf

Related Posts