Hati – Hati Pergi Mudik, Belum Tentu Bisa Kembali ke Jakarta

Hati – Hati Pergi Mudik, Belum Tentu Bisa Kembali ke Jakarta

Menjelang Mudik Lebaran 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, akan ada regulasi yang akan mengatur pergerakan warga dari daerah yang akan pergi ke Jakarta. Anies juga mengingatkan warga. Bila ada yang sudah terlanjut untuk mudik atau pulang kampung tidak akan bisa dengan mudah untuk kembali ke Jakarta.

Anies mengatakan, bahwa ia sedang menyusun regulasi. Dimana regulasi ini akan membatasi pergerakan orang masuk ke Jakarta sesudah musim lebaran. Sehingga Anies menghimbau kepada warga DKI Jakarta, untuk tidak nekat pulang kampung karena nantinya akan sulit untuk kembali lagi ke Jakarta. Anies belum bisa menjelaskan regulasi yang akan dikeluarkan seperti apa untuk warga yang kembali dari mudik. Namun ia memastikan, peraturan yang dibuat akan sangat ketat mengatur pergerakan dari warga yang melakukan mudik.

Presiden Jokowi Menghimbau Untuk Tidak Mudik

Sebelumnya, Presiden Jokowi memang sudah melarang warganya untuk mudik atau pulang kampung selama adanya pandemi Covid – 19. Hal ini sengaja dilakukan, sebagai salah satu upaya dalam mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) semakin meluas. Namun, masih ada saja warga yang nekat untuk mencoba pulang kampung atau mudik ditengah pandemi Covid – 19.

Salah satu contohnya adalah, pemudik yang nekat mudik dengan bersembunyi di dalam truk agar lolos dari pemeriksaan polisi. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, kejadian pelanggaran ini terjadi pada Jumat 1 Mei 2020 pukul 10.52 WIB kejadian ini terjadi di Gerbang Tol Cikarang Barat.

Truk yang mengangkut penumpang ini, ketahuan oleh Ditlantas yang sedang berjaga di Pos Pengamanan Operasi Ketupat 2020 di Gerbang Tol Cikarang Barat. Karena saat itu, ada pemeriksaan rutin terhadap truk yang akan keluar dari Jabodetabek.

Pada awal pemeriksaan semuanya berjalan lancar, tidak ada temuan yang mencurigakan. Lalu petugas yang bertugas saat itu memeriksa truk dengan plat nomor polisi G 1906 FR yang dikemudikan oleh supir yang bernama FEI. Sesuai dengan prosuder, petugas kemudian meminta pengemudi untuk turun dari truk dan membuka bagasinya. Hal ini untuk memeriksa muatan sebelum truk itu di ijinkan meninggalkan Jabodetabek.

READ  Nonton Doctor Foster Sub Indo di Situs IndoXXI

Namun yang ditemukan oleh petugas bukan barang tetapi enam pemudik. Lalu, petugas kemudian meminta ke enam penumpang di truk itu untuk turun, dan dimintai keterangannya. Berdasarkan dari keterangan yang sudah dimintai oleh petugas. Ke enam pemudik itu menumpang pada truk tujuan Brebes, Jawa Tengah, dan ada imbalan sejumlah uang. Sehingga penumpang itu akan diantar ke Brebes dan Jawa Tengah, dan untuk pembayarannya akan dibayarkan setelah sampai di Brebes.

Dengan adanya kejadian seperti ini. Anies meminta kepada masyarakat untuk tetap bersabar dan mematahui segala anjuran dari pemerintah. Anies meminta warga DKI Jakarta untuk tidak melanggar larangan mudik, agar pandemi ini cepat berakhir.

fasha

Related Posts