Manajemen Lifecycle PLC

Diskusi pengontrol dalam industri proses berkelanjutan biasanya berpusat pada  distributed control system (DCS). Namun, programmable logic controller (PLC) memainkan peran penting dalam industri proses seperti yang mereka lakukan dalam manufaktur diskrit, terutama dalam hal keandalan operasi dan perlindungan personel. Beberapa aplikasi yang lebih signifikan untuk PLC dalam industri proses mencakup kontrol sistem instrumen keselamatan dan kontrol mesin utama.

Seperti banyak operasi manufaktur terpisah, sebagian besar operasi proses menggunakan berbagai PLC dari vendor yang berbeda. Hasilnya, kemampuan Anda untuk mengoperasikan dan mengelola versi PLC yang berbeda ini secara efektif berdampak langsung pada keandalan dan keselamatan pabrik Anda.

Berikut adalah daftar dari tiga teratas masalah manajemen siklus hidup PLC untuk industri proses dan bagaimana beberapa rekan Anda bekerja dengan pemasok PLC untuk mengatasi masalah tersebut, yang dikumpulkan dari presentasi yang disampaikan pada The Automation Conference 2012.

  1. Interval penghentian pemeliharaan pabrik yang lama membatasi kesempatan untuk memodifikasi, memelihara, dan meningkatkan PLC. Banyak unit industri proses, terutama dalam operasi proses yang berkelanjutan, berjalan delapan tahun atau lebih tanpa dimatikan. Akibatnya, kesempatan Anda untuk melakukan apa pun dengan PLC di unit itu sangat terbatas. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa manajemen PLC adalah bagian penting dari fokus perawatan unit Anda.
  2. Standarisasi PLC sulit, jika bukan tidak mungkin dalam operasi multi-pabrik, dan menimbulkan tantangan dengan manajemen dan pelatihan suku cadang. Karena standardisasi yang menyeluruh tidak mungkin terjadi karena perbedaan regional terkait dengan dukungan dan ketersediaan, strategi untuk dukungan dan pelatihan PLC untuk setiap wilayah harus dikembangkan untuk memastikan bahwa pengontrol kritis ini dipertahankan dengan cara yang terstandarisasi.
  3. Integrasi dengan sistem kontrol utama – Tiga aspek penting untuk setiap rencana yang melibatkan integrasi PLC dengan DCS. 1) Proses integrasi harus andal dan dapat dibagikan dengan semua pabrik lain untuk menstandarkan proses demi kemudahan pemeliharaan; 2) rencana integrasi harus fleksibel agar dapat beradaptasi dengan kebutuhan lokal; dan 3) harus memperhatikan keamanan sistem pengendalian industri.
READ  Sudah Tahu Biaya Ekspedisi Dari Jakarta Ke Ambon ?

Untuk mengelola Lifecycle PLC Anda dengan lebih baik, berikut adalah serangkaian tiga permintaan yang diminta oleh banyak operasi industri proses teratas dari vendor PLC mereka untuk membantu mereka mengelola aset PLC mereka dengan lebih baik selama periode operasi yang panjang dan berkelanjutan yang umum untuk industri proses.

  1. Life extension. Karena periode waktu yang lama yang biasanya melewati antara penghentian pemeliharaan di fasilitas proses, pengguna harus dapat mencari dan menggunakan komponen untuk masa pakai yang lebih lama dari yang diharapkan. Banyak fasilitas dalam industri proses berkelanjutan yang masih memandang 20 hingga 30 tahun sebagai siklus hidup peralatan mereka. Bicarakan dengan vendor Anda tentang kemampuan mereka untuk mendukung kompatibilitas mundur dengan komponen baru saat tersedia selama siklus hidup yang panjang ini. Komponen baru ini harus dapat diintegrasikan ke dalam sistem Anda tanpa memerlukan pemadaman untuk peningkatan.
  2. Peningkatan secara online. Semakin banyak vendor yang datang untuk memenuhi permintaan pengguna akhir industri proses ini, karena ini sering kali merupakan cara termudah untuk meningkatkan logika PLC tanpa mematikannya atau memasang kembali I / O. Salah satu pengguna akhir industri proses memberi tahu kami: Jika Anda melihat total biaya peningkatan, biaya perangkat keras dikecilkan oleh biaya tenaga kerja untuk melakukan kembali hal-hal seperti pemasangan ulang I / O dan biaya pemadaman unit. Oleh karena itu, pemutakhiran versi online yang dapat diinstal saat PLC sedang berjalan dan yang berfungsi dengan I / O yang ada adalah yang ideal.
  3. Peningkatan fleksibilitas dalam desain untuk menangani standardisasi. Lebih banyak pengguna akhir dalam industri proses mencari sistem PLC yang dapat diskalakan dari vendor yang menggunakan perangkat keras yang sama. Memiliki persyaratan perangkat keras yang sama di seluruh papan untuk PLC Anda memungkinkan Anda mengelola komponen cadangan, pelatihan, dan persyaratan I / O yang dapat dikonfigurasi dengan lebih baik.

farishadi

Related Posts