Mengenal Apa Itu Gerbang Logika dan Variasi-Jenisnya

Mengenal Apa Itu Gerbang Logika dan Variasi-Jenisnya

Gerbang logika mempunyai istilah asing adalah logic gate. Artinya yakni sebuah dasar yang digunakan untuk penyusunan cara elektronika komputerisasi. Logic gate ini mempunyai fungsi untuk mengubah sebagian usul atau input menjadi sebuah ouput atau keluaran.
Secara sederhana istilah hal yang demikian mempunyai arti sebuah blok dasar yang berfungsi untuk membangun rangkaian elektronika komputerisasi. Bagaimana metode kerja logic gate ini? Cara kerjanya yakni beroperasi dengan menggunakan bilangan biner.

Mengenal Jenis-Tipe Gerbang Logika

Istilah logic gate sendiri terdapat dalam sistem elektronika. Penggunaan gerbang ini memerlukan sebagian komponen penyokong. Sehingga tak bisa beroperasi sendiri.
Ada sebagian bagian pensupportnya seperti relay, dioda, transistor, faktor metanikal, dan IC atau Integrated Circuit. Gerbang logika sendiri juga dibagi menjadi beberapa tipe, seperti.

1. Gerbang NOR

NOR atau kepanjangan dari Not OR merupakan gerbang yang mempunyai dua sinyal usul malahan lebih. Berbeda dengan sinyal usul, NOR cuma mempunyai satu sinyal keluaran. Karakteristik dari gerbang NOR ialah hanya mengenal sinyal usulan dengan nilai bit nol.

2. Gerbang NAND

NAND adalah kepanjangan dari Not AND yang memiliki karakteristik hampir sama dengan NOR. Macam gerbang logika NAND mempunyai dua sinyal usulan bahkan lebih.
Padahal sinyal keluarannya hanya mempunyai satu buah saja. Gerbang NAND juga memiliki karakteristik yaitu sinyal keluarannya lebih rendah. Kemudian sinyal idenya mempunyai keadaan lebih tinggi dari angka 1.

3. Gerbang OR

Variasi yang selanjutnya adalah gerbang OR yang memerlukan 2 buah input bahkan lebih. Tujuannya yaitu untuk mewujudkan satu output. Macam gerbang OR akan menjadikan keluaran 1 seandainya inputnya memiliki jumlah yang sama.

4. Gerbang AND

Selanjutnya merupakan jenis gerbang AND yang hampir sama dengan gerbang OR. Sehingga karakteristik dan pengertiannya hampir sama. Gerbang AND memerlukan 2 input bahkan lebih untuk menciptakan satu keluaran.
Gerbang AND memakai simbol titik untuk pengoperasiannya. Tetapi macam gerbang ini juga tak mengaplikasikan pertanda sama sekali.

READ  Tips Saat Mengikuti Pelatihan PLC

5. Gerbang Non Inverter

Tipe gerbang logika yang berikutnya merupakan gerbang non inverter. Macam gerbang yang satu ini mempunyai sinyal masukkan berjumlah 2 input malah lebih. Gerbang non inverter juga menjadikan sinyal keluaran yang tergantung pada sinyal masukkan.

6. Gerbang Inverter

Apa yang dimaksud dengan gerbang inverter? Macam gerbang yang satu ini mempunyai pengertian hampir sama dengan non inverter melainkan konsisten saja ada perbedaannya.
Gerbang yang satu ini mempunyai satu sinyal usul atau input dan satu sinyal keluaran. Antara sinyal usulan dan sinyal keluaran saling berlawanan. Karena, gerbang inverter yaitu gerbang yang komplementer atau lawan.

7. Gerbang XOR

Variasi gerbang yang satu ini memiliki karakteristik berbeda dari yang lainnya. Gerbang XOR hanya mengenali dan mendapatkan sinyal dengan bit tinggi. Jumlah bit hal yang demikian juga harus berjumlah ganjil supaya bisa menghasilkan bit yang bernilai tinggi juga.

Beberapa variasi gerbang logika hal yang demikian amat berkaitan dengan teknologi komputerisasi. Pemakaiannya berbeda-beda mengingat tiap-tiap tipe gerbang mempunyai karakteristik yang berbeda.

farishadi

Related Posts