Penerapan Gerbang Logika Dalam Peralatan Sehari-Hari

Penerapan Gerbang Logika Dalam Peralatan Sehari-Hari

Penerapan gerbang logika dan tabel kebenaran gerbang logika untuk melakukan proses dasar dalam input bilangan biner. Dengan kata lain, program ini bekerja dengan bilangan biner, yaitu O dan I. Hal ini dimaksudkan untuk mengubah sinyal input menjadi sinyal output yang menggunakan jenis-jenis gerbang logika. Dibawah ini merupakan penerapan dari gerbang logika yang sering digunakan dalam barang elektronik.

Penerapan Gerbang Logika pada Kehidupan Sehari-Hari

Adapun variabel yang digunakan sebagai input untuk menghasilkan output pada gerbang logika ini mempunyai 2 keadaan, seperti I dan O, high dan low, true dan false, serta on dan off. Ketika yang lainnya sebagai input, maka yang satunya sebagai keluaran atau outputnya. Nah, untuk bisa menghasilkan sinyal keluaran, maka menggunakan rangkaian elektronik digital untuk perubahan sistemnya.

Salah satu penerapan sederhana dengan gerbang logika adalah menggunakan transistor TTL yang dalam keadaan 0V pada suatu rangkaian, maka akan dianggap sebagai LOW. Lalu jika rangkaian ini menghasilkan 5V, maka dianggap sebagai HIGH. Apabila sudah mengetahui masing-masing tabel mengenai gerbang logika dasar, maka bisa dengan mudah menentukan adanya sinyal keluaran yang akan dihasilkan nantinya.

Dalam gerbang logika ini ada 7 jenis, misalnya gerbang logika NOT, AND, OR, NAND, NOR, X-OR, dan yang terakhir ada gerbang logika X-NOR. Jenis-jenis ini biasanya bisa ditemukan dengan mudah pada peralatan sehari-hari untuk peralatan elektronik. Apabila di sekitar anda ada beberapa alat ini, sudah dipastikan jika untuk menghasilkan keluaran menggunakan gerbang logika agar hasilkan sinyalnya.

Penggunaan penerapan gerbang logika kebanyakan untuk sistem elektronik versi digital dengan cara menggunakan komponen elektronika. Misalnya cicuit (IC) transistor, relay, dioda, optik sampai dengan elemen mekanikal. Gerbang logika merupakan suatu rangkaian yang terdiri dari satu atau lebih untuk menghasilkan sinyal dengan tegangan tinggi dan rendah.

Contoh Peralatan Elektronik

Dalam penerapan peralatan elektronik sehari-hari yang menggunakan gerbang logika sebagai pengantar sinyalnya. Seperti cutter ID yang berfungsi untuk memotong dan membuat ID card, press textile yang berguna melakukan sablon dengan menggunakan sistem digital untuk kaos dan t-shirt. DTV (Televisi Digital) adalah jenis televisi yang cara kerjanya dengan menggunakan digital serta sistem yang sudah terkompresi agar bisa menampilkan siaran gambar, suara, dan juga data televisi.

READ  Berikut Ini Cara Panen Padi Tradisional yang Menarik Untuk Diketahui

Selanjutnya ada plotter merupakan output untuk menghasilkan gambar grafik dan lainnya dengan lebih baik. Tensi digital merupakan alat untuk mengetahui tekanan darah secara otomatis. Lalu ada termometer digital adalah alat ukur suhu tubuh dengan sistem digital. Alat selanjutnya yang menggunakan gerbang elektronik adalah kamera digital untuk pengambilan foto dengan lensa agar lebih fokus kepada cahaya. Hal ini agar membentuk suatu bayangan obyek yang akan diambil gambarnya. Penerapan gerbang logika ini bisa ditemui dalam peralatan sehari-hari.

farishadi

Related Posts